RSS

DRESS FOR SUCCESS

16 Jul

SEMUA ORANG INGIN SUKSES. Walaupun pada akhirnya tidak semua mencapai titik sukses. Maklum tidak sedikit syarat yang harus dilalui untuk mencapai titik itu. Pengetahuan, keterampilan, dan perilaku bisa jadi ukuran. Sayangnya tidak banyak orang yang memasukkan penampilan sebagai salah satu bahan baku utama  cara menuju sukses. Sekalipun kenyataannnya, orang sukses, sukses berpenampilan.

Sandang Dulu Baru Pangan

Ratih Sanggarwati bertanya dengan pertanyaan sederhana, ”Mas dan mbak, mana yang harus didahulukan, sandang, pangan, atau papan?” Beragam jawaban muncul dari para siswa Sekolah Dinas Luar Negeri angkatan 35.

Ratih Sang pun ringkas menjawab, ”Sandang harus selalu nomor satu. Kita bisa ke kantor tidak makan, tapi tentu tidak mungkin tanpa sandang”. Pantas jika Ratih Sang yakin sandang lah yang harus selalu diutamakan.

Baju Tidur Hanya untuk Tidur

Sensitifitas terhadap konteks harus menjadi pertimbangan utama dalam berbusana. Waktu, sifat pertemuan, tempat, dan siapa penyelenggara akan sangat menentukan busana yang tepat.

Keserasian penampilan dari ujung rambut sampai ujung kaki adalah keharusan. Keserasian itu bisa dimulai dengan pertama kali mengenal diri sendiri. Dengan begitu kita tahu persis kelebihan yang harus ditonjolkan dan kekurangan yang bisa disamarkan atau bahkan ditutupi.

Ketepatan pemilihan ukuran busana merupakan kunci dari indahnya penampilan. Pantas jika kita harus benar-benar memahami ukuran tubuh kita. Pemahaman yang tepat mengenai ukuran tubuh akan membuat kita tepat dalam memilih busana yang correct.

Jas Konvensional Paling Aman

Sebelum memiliki jas yang stylish sebaiknya kita memiliki jas konvensional. Jas jenis itu akan sangat memudahkan jika kita harus mengikuti berbagai kegiatan yang berbeda dalam waktu yang berdekatan. Jas konvensional sangat fleksibel penggunaannya. Gunakan juga warna jas dasar, terutama hitam. Dengan jas konvensional kita tidak perlu ganti jas berulangkali dalam beberapa hari tanpa menimbulkan kesan tidak ganti-ganti jas. \

Biasanya ada dua jenis jas: single breasted (American) dan double breasted (European).

Single breasted relatif lebih fleksibel karena kita tidak perlu segera memperbaiki kancing yang tidak dikaitkan setelah bangun dari duduk. Sebaliknya, double breasted mengharuskan kita untuk mengaitkan kancing kembali setelah bangun dari duduk. Jika hal itu ttidak dilakukan, jas akan terlihat tidak rapih.

Lepas Merk dan Jahitan

Jangan lupa melepaskan merk jas yang melekat di lengan luar bawah dan di atas kantong jika membeli jas baru. Pelekatan merk itu awalnya berfungsi untuk memudahkan pengecekan merk jas yang disusun berjajar di ruang penyimpanan jas. Dengan begitu pengecek jas tidak perlu melihat merk jas yang terletak di bawah kerah bagian dalam.

Lepaskan juga jahitan di bagian dalam kantung jas yang akan dikenakan. Jahitan itu dibuat untuk menahan agar kantung jas tidak kendur saat disimpan lama di ruang penyimpanan. Karenanya jahitan menjadi tidak berguna lagi saat jas sudah dikenakan.

Kenakan kemeja lengan panjang untuk pakaian dalam jas dan blazer. Kemeja lengan panjang akan menahan keringat tembus ke jas. Kita pun tidak perlu sering-sering mencuci jas atau blus yang dikenakan.

Busana Muslimah

Penulis bersama Ratih Sang

Bagi yang berbusana muslimah jangan kenakan busana yang penuh ornamen. Hindari juga busana yang dikenakan bertumpuk-tumpuk. Hindari blus atau rok yang menimbulkan siluet. Hindari busana muslim model Abaya untuk ke kantor. Bagi yang bekerja di bidang formal kenakan blazer dengan rok panjang/celana panjang.

Bagi pria jangan pernah membeli kemeja warna lain sebelum memiliki kemeja dengan warna dasar putih, biru, dan krem. Jangan pula membeli celana warna lain sebelum memiliki celana warna hitam dan coklat.

Mitos Keliru

Kekeliruan pengukuran lengan kemeja juga seringkali terjadi. Biasanya pengukuran lengan kemeja dimulai dari lingkar pangkal lengan. Padahal pengukuran yang tepat adalah dari pangkal jahitan yang menempel langsung dengan kerah.

Mitos yang paling keliru adalah mengukur lingkar pinggang/perut dengan mengukur ukuran lengan dengan membandingkannya dengan diameter lingkar celana/rok. Pastikan ukuran pinggang dengan mengukurnya langsung dengan meteran.

Ukuran panjang celana panjang yang tepat adalah jika ujung celana jatuh di antara tumit dan sol sepatu.

Penampilan Prima Bagian Bawah

Kenakan sepatu dengan sol yang jelas untuk acara resmi. Namun, sepatu yang paling resmi adalah sepatu yang bertali.

Jangan pernah keliru memadankan warna kaos kaki. Warna kaos kaki bukan sama dengan warna celana. Namun warna kaos kaki harus sama/mirip dengan warna sepatu. Hindari juga kaos kaki yang terlalu pendek. Pastikan kaos kaki tetap menutup kaki saat celana tertarik ke atas ketika duduk.

Sebaiknya ikat pinggang dan sepatu yang dikenakan untuk bekerja terbuat dari kulit doft.

Belilah sepatu yang mahal. Karena biasanya sepatu mahal berkaitan dengan hitung-hitungan kesehatan. Jangan mengorbankan kesehatan dengan memakai sepatu murah. Pasalnya, sepatu akan dikenakan untuk menopang tubuh karena itu berkaitan dengan kesehatan otot dan saraf tubuh. (harga sepatu biasanya empat kali lebih mahal dari ongkos produksi / 25 % harga jual)

Bukan Flat Shoes tapi High Heels!

Biasanya perempuan yang fresh graduate lebih gemar mengenakan flat shoes dengan alasan kepraktisan. Padahal  justru seorang fresh graduate yang datang untuk proses penerimaan kerja akan terlihat lebih elegan dengan mengenakan sepatu ber-hak.

Berdasarkan penelitian, flat shoes pun meningkatkan resiko farises. Sebaliknya, mitos bahwa sepatu ber-hak mengakibatkan farises malah yang keliru. Berdasarkan pengamatan langsung Ratih Sang selama menjadi model berkeliling dunia, dirinya tidak pernah sekalipun melihat seorang model yang memiliki farises. ”Padahal, setiap kali tampil kita mengenakan hak antara 9-12 cm.

Pilihan bentuk ujung sepatu bebas. Bisa yang lancip, sedang, atau tidak lancip. Yang terpenting pilihlah sepatu sesuai kondisi lapangan. Jangan sekalipun memakai sepatu yang malah akan menyulitkan aktifitas.

Stocking dan Legging: Serupa Tapi Tak Sama

Stocking harus sesuai dengan warna kulit. Sebaiknya warnanya satu tone lebih gelap dari warna kulit. Hindari stocking warna hitam pekat. Pastikan stocking memiliki kepekatan 15 den (pintalan benang stocking).

Jangan lupa untuk selalu membawa kutek yang transparan. Kutek akan sangat berguna untuk mencegah kerusakan stocking akibat pintalan tertarik (dedel). Caranya sangat muda. Cukup teteskan kutek di bagian benang stocking yang rusak.

Hati-hati mengenakan legging. Awalnya, legging digunakan perempuan di kawasan Eropa saat musim dingin untuk meminimalisir hawa dingin di bagian kaki. Legging itu dipakai di bagian dalam pakaian bawah perempuan.

Namun dalam perjalanannya seringkali terjadi salah kaprah dalam penggunaan legging. Di Indonesia misalnya, tidak jarang legging dipakai sehari-hari dan tanpa mengenakan busana atasan yang bisa menutup legging sepenuhnya. ”Orang Eropa bisa terheran-heran melihat kebiasaan itu”, ujar Ratih Sang.

Stocking yang mengkilat boleh digunakan selama ukuran betis tidak terlalu besar. Stocking mengkilat akan membuat kaki terlihat lebih besar.

Sepatu dan tas yang pertama kali dimiliki harus berwarna hitam. Jika belum memiliki warna tersebut, jangan pernah membeli sepatu dan tas warna lainnya.

Namun, setelah penampilan prima jangan sampai busana tidak sesuai dengan acara yang dihadiri. Sebagus apapun penampilan kita, tetap akan menghadirkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri jika penampilan tidak sesuai dengan acara yang dihadiri.

Smart Appearance!

Akhirnya, sesuaikanlah tingkah laku dan penampilan. Penampilan tidak akan ada artinya tanpa tingkah laku yang tepat. Itulah yang disebut dengan penampilan smart.

”Jika kita smart di hadapan orang asing, maka orang asing itu akan menganggap semua orang Indonesia smart”, pungkas Ratih Sang.

 
3 Comments

Posted by on 16 July 2010 in Diplomatologi

 

Tags: , , , , , , , ,

3 responses to “DRESS FOR SUCCESS

  1. palsu

    26 November 2011 at 23:29

    SEMOGA KALIAN TIDAK MENJADI KORUPTOR DAN MENTAL PENJAJAH DI TEMPAT BERTUGAS KELAK, INGET PAJAK RAKYAT JANGAN DI MAKAN ,KASIAN NEGARA INI NYETAK DIPLOMAT CUMA NGABISIN ANGGARAN

     
    • sekdilu35

      20 December 2011 at 15:54

      Yang Terhormat Bapak/Ibu/Mas/Mbak Palsu. Terima kasih atas doa dan pesan pengingatnya. Semoga kami dapat menjadi diplomat sebagaimana yang Bapak/Ibu/Mas/Mbak Palsu sampaikan.

       
  2. sunikum

    11 August 2014 at 20:31

    yang paling sip adalah kita melakukan pekerjaan itu karna TUHAN YME jadi kita akan melakukan yang tebaik untuk semua orang

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: