RSS

Cara Cepat Updated!

21 Jul

Oleh : Dwi Wisnu Prabowo

BUKAN basa-basi lagi kalau sekarang eranya informasi. ’Kekuatan’ pun hanya dimiliki mereka yang menguasainya. Beruntung sudah ada internet yang membuat kita bisa keep updated dengan usaha minim dan sedikit waktu! Dwi Wisnu Prabowo menuliskannya untuk Anda.

Menghasilkan keputusan yang cepat adalah tantangan terbesar di era informasi. Ketika semua pihak sudah dengan sangat mudah mendapatkan informasi, maka ‘sang pemenang’ akhirnya ditentukan oleh seberapa cepat dan akurat sebuah keputusan itu dihasilkan. Dalam hal diplomasi, perkembangan yang terjadi pun bisa sangat cepat terjadi. Kunci terpentingnya sudah pasti informasi. Semakin cepat dan berkualitas informasi yang diterima sudah pasti akan mempermudah proses pengambilan keputusan.

Sekarang bukan lagi masanya diplomat yang ’menunggu bola’ dengan mengandalkan informasi yang ada di permukaan. Diplomat sudah pasti harus mampu menggali lebih dalam lagi isu-isu yang penting bagi diplomat dan negaranya. Berikut ini beberapa cara yang biasa penulis lakukan. Agar tetap quick-informed penulis mengandalkan tiga sumber:

1. RSS Feed
2. Twitter
3. Google Alert

Inti dari semua sumber tersebut adalah:

”We don’t have to stay in front of the computer or other devices in hours that connect us to the internet!”

1. RSS Feed

Ini adalah tool yang cukup lawas mengenai cara update informasi. Biasanya situs memberikan link untuk RSS feed ini. Prinsip RSS Feed ini adalah pembaca akan selalu menerima update dari website terkait. Cara ini tidak terlalu menspesifikkan pencarian. Namun hanya sebatas perkembangan dari website yang kita gemari.

2. Twitter


Fitur social networking ini bisa kita manfaatkan untuk memantau perkembangan informasi yang ada. Kalau biasanya kita mem-follow public figure/sahabat/rekan kerja dll., maka kali ini kita akan mem-follow situs-situs tertentu yang sekarang juga memiliki trend untuk memberikan layanan twitter.

Banyak situs portal, situs berita, bahkan beberapa instansi penting (termasuk Kemlu :D) yang sudah memanfaatkan ini. Fungsi account twitter mereka yaitu untuk dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat terhadap hal-hal yang perlu untuk diketahui public secara instan.

3. Google Alert

Tools ini dikeluarkan oleh Google. Intinya, setiap parameter informasi yang kita inginkan dapat selalu kita pantau jika muncul berita atau informasi terkait segmen yang kita minati. Hal yang dibutuhkan adalah sebuah e-mail (sebaiknya email Google, agar lebih mudah dalam me-manage).

Silahkan berselancar ke alamat http://alerts.google.com ! Disitu akan ada parameter yang ingin kita ikuti perkembangannya. Kita juga bisa mengatur sumber mana saja yang harus kita ikuti, apakah hanya berita, video, atau yang lainnya. Kita juga dapat mengatur frekuensinya, apakah secara instan atau dalam periode tertentu. Semua update akan terkirim ke email kita. Sehingga kita tidak perlu mencari update terakhir mengenai informasi yang kita inginkan. Tools ini sudah mengerjakannya untuk kita.

Tiga fitur tersebut baru sebagian kecil feature di internet yang bisa kita manfaatkan. Semoga kita akan lebih terbantu agar keep updated tanpa harus on terus di depan internet. Semoga bermanfaat!

 
Leave a comment

Posted by on 21 July 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: