RSS

Bagaimana Bergabung dengan Kemlu

22 Jul

Oleh: Nenda Inasa Fadhilah

PEMBUKAAN tes seleksi Pejabat Diplomat dan Konsuler Kementrian Luar Negeri (Kemlu) semakin dekat.  Bagi yang berminat, inilah saatnya bersiap-siap!

Tes masuk Kemlu berbeda dengan  seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lainnya. Tes Kemlu menitikberatkan poin penilaian pada soal jenis essay. Karena itu tes masuk Kemlu memerlukan cara menjawab yang berbeda pula. Berikut ini beberapa hal yang bisa diperhatikan.

Kapan ?

Walaupun tidak rutin, pengumuman pembukaan tes Kemlu biasanya berlangsung di bulan Juli. Saat itu pelamar harus sudah dinyatakan lulus kuliah. Surat Keterangan Lulus (SKL) bisa menjadi dokumen pengganti ijazah (walau nanti tetap harus menggunakan ijazah saat registrasi ulang jika lulus tes).

Apa yang Perlu Dipelajari?

Pertanyaan yang muncul biasanya mengenai isu politik internasional yang berkaitan dengan kepentingan Indonesia. Bahan materi tersebut banyak ditemukan di website www.deplu.go.id. Jangan lupa untuk terus menambah pengetahuan kamu dengan membaca surat kabar, majalah, maupun situs media massa terkemuka.

Topik-topik yang kemungkinan keluar:

  1. Wawasan nusantara
  2. Politik luar negeri bebas aktif
  3. ASEAN
  4. Indonesia di Organisasi Internasional (terutama PBB, WTO, OKI, Gerakan Non Blok dan APEC)
  5. Isu-isu ekonomi seperti G-20
  6. Isu-isu domestik seperti masalah pengungsi dan Papua.
  7. Interfaith dialogue
  8. Bali Democracy Forum
  9. Terorisme
  10. Pariwisata
  11. Isu-isu kawasan (misalnya masalah Palestina di Timur Tengah dan Korea Utara di Asia Timur)

Hapalkan dan pahami UUD 45 termasuk semua amandemennya. Biasanya isu yang akan muncul saat tes bisa dianalisa sesuai kandungan UUD 45.

Tahapan Tes

Tes Kemlu terdiri dari 4 tahap:

TAHAP PERTAMA – Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi adalah tahap pemeriksaan kelengkapan dokumen. Dokumen yang diperlukan dapat dibaca di pengumuman lowongan. Biasanya yang diminta adalah fotokopi dokumen yang sudah dilegalisasi. Berhubung dokumen yang dibutuhkan cukup banyak, sebaiknya semua dokumen disiapkan jauh-jauh hari. Apalagi beberapa dokumen cukup rumit diperoleh.

Biasanya dokumen yang dibutuhkan (berdasarkan tahun lalu):

  1. Surat Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat yang telah dicetak dibubuhi meterai Rp. 6.000,00;
  2. Fotokopi KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor bagi Pelamar dari luar negeri;
  3. Daftar Riwayat Hidup terakhir;
  4. Satu lembar fotokopi ijazah (D3, S1, S2, dan/atau S3) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Depdiknas bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri
  5. Fotokopi Akte Kelahiran;
  6. Surat Keterangan Sehat dari dokter (terbaru);
  7. Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang masih berlaku;
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
  9. Pas foto terakhir ukuran 3×4 (berwarna) sebanyak 3 lembar: 1 lembar foto ditempel di formulir lamaran dan 2 lembar lainnya ditulisi nama Pelamar di bagian belakang foto.

Sementara untuk IPK minimum:

  1. S1 minimal 2,75
  2. S2 dan S3 minimal 3.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak pelamar yang tidak lolos dalam tahap administratif. Jumlahnya bahkan bisa mencapai 60 % dari total semua jumlah pelamar. Karena itu, sekalipun terlihat sederhana, jangan pernah meremehkan tahap ini.

TAHAP KEDUA – Tes Tertulis

Tes ini terdiri dari soal berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tes Bahasa Indonesia memiliki bobot nilai 40% terdiri dari:

  • Pilihan ganda
  • Isian
  • Essay (5 soal)

Ketika saya mengikuti tes (tahun 2009), soal yang keluar seperti apakah pengiriman TKI masih perlu atau tidak, legalitas hukuman mati di Indonesia, pengertian politik bebas aktif, pencipta lagu ASEAN, dan alinea 4 Pembukaan UUD 1945.

Tes Bahasa Inggris memiliki bobot nilai 60% dari semua ujian pada tahap tes tulis. Soal bahasa Inggris terdiri dari 5 soal essay.Khusus untuk soal  jenis essay S1 hanya diminta menjawab 3 soal essay dari lima pilihan soal yang ada, S2 dapat memilih 4, sementara S3 harus mengisi semuanya. Pilih yang kira2 dikuasai dan dijawab dengan analisis yang lengkap selengkap-lengkapnya. Pastikan juga jawaban (tulisan tangan) mudah dibaca dan rapih.

Saya menyarankan untuk mengisi essay bahasa Indonesia terlebih dahulu, kemudian bahasa Inggris, baru kemudian Isian dan Essay.

Hasil tes tertulis biasanya diumumkan sebulan setelah waktu pelaksanaan tes. Waktu pemeriksaan relatif lama karena semua jawaban diperiksa satu persatu secara detail oleh Diplomat Kemlu.

Tingkat kelulusan di tahap ini termasuk kecil. Tingkat kelulusan pada tahap ini biasanya di antara 10-15 persen dari seluruh jumlah peserta tes tulis.

Saat saya tes dari 7000-an orang yang tes, yang lolos sekitar seribu orang. Oleh karena itu, selain memastikan materi telah dikuasai dengan baik, jangan lupakan kerapian tulisan anda dan doa.

TAHAP KETIGA – Tes Bahasa

Kalau sudah lolos tahap tes tertulis, maka tes selanjutnya adalah tes bahasa. Kamu bisa memilih test bahasa dari bahasa Arab, China, Jepang, Perancis, Spanyol, Rusia, dan tentunya Inggris. Kira-kira 90% dari yang melamar Kemlu memilih tes bahasa Inggris.

Untuk tes bahasa Inggris memakai tes EPT dari LIA (mirip dengan TOEFL yang paper based tetapi minus ujian writing-nya). Agar kemungkinan lolos tes ini makin besar, pastikan TOEFL Paper Based-nya minimal 550. Bisa mencoba ke LIA (minta tes EPT yang biasa dipakai DEPLU) sebelum tes resminya dilakukan.

Mengambil tes bahasa lain juga bisa dilakukan kalau kamu merasa ahli. Namun jangan memilih tes bahasa asing selain Inggris kalau kemampuan masih di level dasar. Hal ini dikarenakan banyak juga peserta yang memiliki kemampuan bahasa asing selain Inggris dengan tingkat intermediate hingga advance. Tingkat kelulusan di tahap ini antara 20-50 % untuk semua jenis bahasa asing.
TAHAP TERAKHIR

Tes dalam tahap ini dibagi dalam 4 bagian selama 4 hari, yaitu:

Pertama-Tes Kemampuan Teknologi Informasi

Bagi yang sudah terbiasa dengan komputer dan internet nampaknya tahap ini bukan persoalan berarti. Soalnya cukup mudah, berisi kemampuan menggunakan Microsoft Office dan pengetahuan umum komputer. Tes berbentuk tulisan dan bukan praktek. Jangan kaget apabila ada soal yang isinya mengenai langkah-langkah melakukan prosedur tertentu di komputer.

Kedua-Tes Psikotes Tertulis

Ada banyak jenis tesnya ; dari menggambar pohon, tes Pauline (ketahanan kerja), dll. Karena waktunya 1 hari dan padat, siapkan stamina yang cukup sebelum tes dilaksanakan.

Ketiga-Tes Wawancara Psikologi

Tes dilakukan dalam bentuk wawancara. Pertanyaan yang ditanyakan biasanya berkaitan dengan pekerjaan terdahulu (kalau sudah pernah bekerja), penyelesaian dalam menghadapi skenario tertentu dalam pekerjaan, dan hal-hal semacamnya.

Keempat – Tes Wawancara Substansi

Pewawancara merupakapan pejabat eselon 2 ke atas, ahli hubungan/hukum internasional, dan duta besar. Materi yang ditanyakan kurang lebih sama seperti tahap tes tertulis. Pertanyaan yang selalu keluar, selain pertanyaan yang berbau substansi adalah pertanyaan mengenai motivasi menjadi diplomat di Kemlu.

Bersikaplah sopan dan murah senyum dengan pewawancara. Jika tidak setuju jangan langsung bilang tidak. Agak sedikit memutar tapi intinya bilang keberatan dengan poin dia (diplomat never said “no” directly) dan kemudian sampaikan posisi anda secara persuasif. Apabila tidak tahu, bilang saja “kurang informasi”. Jangan memaksakan diri kalau memang tidak tahu.

Tips umum

  1. Datang ke tempat tes 1 jam sebelum tes dimulai, jangan telat!;
  2. Siapkan semua peralatan dan perlengkapan tes (alat tulis, kartu peserta ujian, pas foto 4×6, 3×4) secara lengkap;
  3. Berpakaian rapi (no jeans dan kaos);
  4. Banyak bergaulah dengan peserta tes lain untuk mencari bocoran pertanyaan wawancara, soalnya pertanyaan wawancara kurang lebih sama;
  5. Jagalah kesehatan; dan
  6. Berdoalah yang khusyuk.

Kalau ada pertanyaan-pertanyaan lain, silahkan ditanyakan disini. Semoga Sukses! 🙂

 
114 Comments

Posted by on 22 July 2010 in Uncategorized

 

114 responses to “Bagaimana Bergabung dengan Kemlu

  1. peluang bisnis

    12 August 2010 at 01:15

    Trimakasih kk, sangat membantu buat saya yang mau ikutan tes tahun ini

    makasih
    erica

     
  2. ariani

    12 August 2010 at 14:35

    Kak Nenda, saya ingin mencoba tes kemlu tahun ini. terimaksih banyak atas infonya ya kak 🙂

     
  3. ariani

    12 August 2010 at 15:00

    kak nenda boleh nanya ga? kira2 untuk soal bahasa Inggris essay, contoh soalnya seperti apa ya kak? kalo tahun lalu soal essaynya apa kak? terima kasih.

     
  4. Nenda Fadhilah

    12 August 2010 at 20:09

    @peluang bisnis dan @ariani
    Sama2 🙂 Good luck ya.

    @ariani
    Soal essay baik yang Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris lebih bersifat analisis. Seingat saya tahun kemarin beberapa pertanyaan diantaranya adalah:
    1. mengenai apakah kita setuju atau tidak pengiriman TKI dihentikan beserta dengan alasannya dan
    2. mengenai apakah kita setuju bahwa Indonesia tetap melaksanakan hukuman mati beserta dengan alasannya.

    Good luck ya. 🙂

     
  5. ariani

    14 August 2010 at 12:53

    kak Nenda, terima kasih yah.. 🙂

     
  6. ariani

    14 August 2010 at 13:25

    kak Nenda maaf mo nanya lagi boleh yah.. kalo soal mengenai wawasan nusantaranya seperti apa ya kak?
    aku takut kurang persiapannya nanti waktu tesnya ni kak..
    makasih ya kak Nenda..

     
  7. Nenda Fadhilah

    14 August 2010 at 15:33

    @ariani
    Pertanyaannya seinget saya kayak arti penting wawasan nusantara untuk persatuan dan kesatuan Indonesia.

    Good luck untuk persiapannya ya.

     
  8. ariani

    15 August 2010 at 10:40

    Kak Nenda.. makasih banyak yahh.. mudah-mudahan nanti saya bisa ujiannya..
    makasih kak Nenda…

     
  9. ariani

    15 August 2010 at 10:56

    kak Nenda.. makasih lagi yaahhh.. 🙂

     
  10. ariani

    15 August 2010 at 10:58

    haduh lupa udah bilang yah.. jadi ngrim lagi tadi.. hehehe, gapapa yah Kak..

     
  11. Fauji

    21 August 2010 at 11:31

    wah terima kasih banyak kak Nenda, sangat membantu, btw bagaimana dengan posisi BPKRT? apakah porsi soalnya sama kaya dengan diplomat gitu kak Nenda? trims 🙂

     
  12. harry

    23 August 2010 at 15:06

    salam,

    mbak,untuk seleksi administrasi itu juga harus cantumkan surat bebas narkoba yah? saya lengkapi sesuai form persetujuan, jadi hanya kirim surat keterangan sehat.

    deg2an nih….

     
  13. Nenda Fadhilah

    23 August 2010 at 22:10

    @Fauzi
    Sama2 🙂
    Kurang tahu ya soal ujian buat posisi BPKRT. Tapi sepertinya sih beda. Jadi yang berkaitan dengan akuntansi dan kawan2nya sepertinya yang keluar.

     
  14. aji

    31 August 2010 at 13:10

    makasih banyak teh atas pencerahannya 🙂
    brjuang tgl 4 september sekarang hhehe..
    ada tips2 dan kisi2 tambahan ga teh ??

    makasih:D

     
  15. sekdilu35

    6 September 2010 at 17:47

    @all: Bagaimana tes substansi kemarin? Semuanya sukses kan?

     
    • ariani

      13 September 2010 at 17:12

      Assalamualaikum Kak Nenda,
      waktu tes kemaren lumayan keluar smua topik2 yang Kak nenda tulis, Alhamdulillah lumayan kejawab Kak, that’s all thanks to you loh Kak Nenda 🙂
      tapi yang lucunya pilihan ganda sama isian singkat aku ga yakin banget bener n’ tulisan aku lumayan acak kadut Kak karena nulisnya buru-buru ngejar waktu yang bisa dibilang kurang buat ngerjain 6 soal essay yang beranak pinak, hehe 🙂
      jadi aku kurang yakin ni Kak, bisa lulus tes substansi ini apa engga.. although, I really hope that I could pass the test..
      kalo aku ga lulus pengen bgt nyoba lagi Kak sampe aku lulus.. ini one of my passions Kak..hehe, n’ if that happens, will you help me again if there is another chance for me to take another test of Kemlu Kak? ;p
      O iya, Kak Happy Ied yah.. Minal Aidin Walfaidzin..Mohon Maaf Lahir Batin..

       
  16. Nenda Fadhilah

    15 September 2010 at 22:53

    Waalaikum Salaam
    Selamat lebaran, Mohon maaf lahir dan batin juga.
    Btw, saya pas tes juga enggak yakin bener ngerjain isian singkat dan PG. 😀
    Semoga nanti kamu lulus seleksinya ya 🙂

     
    • ariani

      18 September 2010 at 15:40

      Aminnn…
      Makasih Kak, 😉

       
  17. ariani

    4 October 2010 at 09:31

    Kak, aku lolos tes substansinya
    that’s all thanks to you Kak Nenda..
    doa’in ya Kak, mudah2an tes bahasanya bisa lancar juga.. 😉

     
    • Sulaiman

      11 October 2010 at 18:16

      semoga kita lulus ya! aamin..btw mba nenda, dapat penempatan magang dimana?

       
  18. Putu

    15 October 2010 at 14:19

    Sasuga sis cal! 😀 doakan sy utk tes minggu depan ya 😀

     
  19. momonz

    16 October 2010 at 23:33

    Kak mau nanya nih ka.. klo soal2 ujian kemampuan teknologi komputer itu gmna sih ka.. saya blank banget ga punya bayangn.. thx alot bwat tips2nya

     
  20. elvitria

    23 November 2010 at 08:44

    Hai mbak, salam kenal saya Intan.

    Alhamdulillah lolos BPKRT utk TA 2010 ini, dan sdg menunggu kabar utk start Januari nanti 😀

    Boleh saya add FBnya, mbak? Siapa tahu mau share/tanya2 ttg seputar program Deplu nantinya.. Siapa tahu jg bs kenalan nanti klo sudah di Pejambon..hehe.

    Thx ya, mbak.. 🙂

     
  21. Hestu Rahmayani

    20 May 2011 at 09:13

    terimakasih infonya, sangat bermanfaat sekali, saya ingin daftar jika ada tes tahun ini 😀
    salam kenal ya 🙂

     
  22. Ayu

    11 August 2011 at 17:34

    Nice post mbaksis! Up up sundul gan yuk mareh

     
  23. yannie

    18 September 2011 at 17:25

    kak Nenda, saya mau bertanya, informasi mengenai pembukaan lowongan atau perekrutan cpns deplu, bisa kita dapat dari mana??? maksud saya apakah ada web nya yang bisa kita buka untuk mendapatkan informasinya??? thanks y kak, mohon bantuannya.

     
  24. naqsya_bandi

    18 January 2012 at 18:52

    kak nenda, mo nanya, info tentang pembukaaan lowongan n perekrutan pegawai baru kemenlu bisa di dapat dimana ya kak? please informasinya kak….

     
  25. Lov35ekdilu

    10 April 2012 at 14:38

    @all: Tahun 2011 Kemlu tidak membuka perekrutan. Untuk tahun 2012, belum bisa dipastikan. Jika ingin mengetahui info perekrutan, dapat kunjungi kemlu.go.id. Biasanya, informasi akan muncul mulai bulan Mei/Juni.

     
  26. ririn

    25 May 2012 at 07:21

    Ada info lowongan local staff ga?

     
  27. hafiz

    26 May 2012 at 04:08

    boleh minta emailnya mbak? buat nanya2 lebih lanjut, makasi.

     
  28. telsy

    13 June 2012 at 17:52

    asslm.. kakak makasih yaa infonyaa:) saya mau tanya kak, kira-kira kalau tahun 2012 ini ada perekrutan tidak ya? trs saya juga sarjana dengan jurusan ekonomi syariah, kira-kira bisa tidak ya untuk memasukan berkas lamaran kerja di kemlu? makasihh kakak sebelumnya 🙂

     
  29. wijayauwizay

    18 June 2012 at 21:01

    assalammualaikum,. kak,. kebetulan hari rabu sekarang saya kepanggil buat tes,. mau tanya-tanya nih,. apakah yang syarat administrasi itu harus dibawa ketika hari tes itu ato tidak,. soalnya sy blm nyiapin skck dan kartu kuning,. melihat waktu sepertinya tidak akan sempat,. karena baru di telfon sore ini,. apakah persyaratan administrasi ini bisa menyusul..??

     
    • bandee

      18 June 2012 at 22:03

      selamat ya wijayauwizay, klo boleh tau, melamarnya lewat apa? infonya dimana???

       
  30. wijayauwizay

    18 June 2012 at 21:02

    waduh maaf lupa kak,.terima kasih sebelumnya 😀 😛 ,.keburu ke post barusan he..3x

     
  31. rumania alfaruq

    16 August 2012 at 10:14

    mba, mau tanya nih, kalau jd diplomat dapat kesempatan utk melanjutkan sekolah (misal S1 ke S2) setelah masa kerja berapa lama?
    oiya mba, saya lulus seleksi administrasi utk formasi PDK 2012, isu yg kira2 keluar di tes apa aja ya mba? saya jg lg buka2 web kemlu nih.

     
    • Nenda

      23 August 2012 at 09:32

      Kamu bisa daftar sekolah setelah menyesaikan pendidikan sekdilu (1 tahun masa kerja). Untuk materi yang keluar, silakan cek website Kemlu 😀

       
  32. Ity

    25 August 2012 at 09:01

    Kak, salam kenal yah.. alhmdulilah saya lulus administrasi kemlu, insyallah tes akan diadakan 8 september ini.. saya benar2 bingung hrs mempersiapkan apa saja untuk tes tertulis ini. Tp berkat penjelasan di blog kaka ini saya jd sangat terbantu. Yang ingin saya tanyakan apakah perlu mempelajari buku soal-soal cpns yang banyak dijual di pasaran?
    terimakasih sebelumnya 🙂

     
  33. galla

    25 August 2012 at 23:51

    makasih y mbak,…atas infonya,…smoga terus membantu,..sukses terus y mbak,….

     
  34. Ani Himura HappySwing

    26 August 2012 at 12:34

    terima kasih banyak infonya mbak..
    saya juga lolos seleksi admin PDK.

    kalau pengambilan KTPU taun ini kan mulai 3-6 september nih.. kalo datang tanggal 6 septembernya saja bisa gak yah? agar tidak terlalu lama minta ijin bolos kerja TwT. mau terbang dari Surabaya ke Jakarta tanggal 5 sore dan disana sampe tgl 8 habis ujian.

    Kira2 pas ambil KTPU itu dimintai apa saja mbak? bawa dokumen apa saja.. Apakah ada aturan ttg tinggi dan berat badan seperti di Kemenkumham mbak?

    Apakah ada buku soal2 CPNS kemenlu yang dapat mbak sarankan? saya mau cari nih mbak..

    kebanyakan materi soal dari website Kemlu ya mbak?

    terima kasih buanyakkkkkkkkkkkkkkkk mbak ^^

     
  35. Nenda

    29 August 2012 at 01:26

    @All
    Saya kurang tahu soal beli buku soal CPNS mengingat tahun ini ada ujian kompetensi dasar yang pertama kalinya baru diadakan. Kalo dulu2 sih gak usah, soalnya soal CPNS Kemlu ‘beda’.

    @Ani
    Bisa datengnya tanggal 6 saja. Yang penting bawa ID model KTP, SIM, Passport. Aturan tinggi/berat tidak ada.

     
  36. dionprass

    29 August 2012 at 19:17

    Dear Nenda.
    Sebelumnya terima kasih telah memposting tulisan ini. Kami banyak mendapatkan informasi dari tulisan ini.
    Izinkan saya untuk menanyakan dua pertanyaan, satu di antaranya bukan pertanyaan teknis normatif. 1. Begini mbak, sepengetahuan saya, para sarjana yang diterima sebagai PDK sebagian besar berasal dari UI, Unpad, dan UGM. Kebetulan saya berasal dari Universitas swasta di Kota Malang. Apakah ada alumni dari universitas-universitas lain yang sekarang bertugas di Kemlu? Jika ada seberapa besar peluang kami – yang bukan lulusan universitas “besar” – untuk lolos ujian dan diterima di Kemlu?
    2. Jika seseorang kurang handal dalam hal bahasa asing, namun handal dalam hal pengetahuan substansial dan analisa, apakah masih ada peluang untuk diterima?

    Terima kasih atas informasinya 🙂

     
  37. Nenda

    30 August 2012 at 17:30

    Hi, Dion
    FYI, saya lulusan UPH (Karawaci) dan sepanjang sejarah, yang saya ketahui baru ada 1 senior saya di UPH yang masuk Kemlu. Jadi bukan hal yang mustahil untuk lulusan Univ kecil masuk Kemlu. As long as you are qualified.

    Karena dalam pekerjaan, bahasa asing terutama Inggris memegang peranan utama, oleh karenanya, kemampuan berbahasa diujikan tersendiri. Maka penilaiannya dilakukan terpisah dari komponen lainnya (nampaknya sih begitu, setidaknya di zaman saya).

    Good luck!

     
    • dionprass

      30 August 2012 at 19:15

      Wah, saya sangat berterima kasih atas respon yang mbak berikan.
      Sekali lagi terima kasih 🙂

       
  38. Budhi Ajah

    4 September 2012 at 09:42

    Salam Kenal Kak,

    Mohon pencerahannya untuk soal D3 gmn Kak? Apakah sama dengan soal S1?

    Terima Kasih sebelumnya..

     
  39. xiaoli

    13 October 2012 at 12:10

    assalamualaikum kakak, mau tanya dunk.
    selasa depan saya akan ikut tes bhs china. Kira2 bagaimana yah bentuk tesnya?
    xiexie 😀

     
  40. hanaicha

    24 October 2012 at 14:11

    mba nenda, terima kasih atas pnjelasan yg sangat bermanfaat 🙂
    yang mau saya tanyakan mba, untuk wawancara substansial itu pertanyaan yg diajukan seputar apa saja ya mba?
    kira2 untuk staf non-diplomat seperti PK apakah pertanyaannya sama dengan PDK yg adalah staf diplomat?
    trima kasih ya mba penjelasannya 🙂

     
  41. laila

    2 November 2012 at 19:46

    Kk saya mau nanya, kalo test buat local staff, tes tulisnya sama dengan tes tulis PNS gak?

     
  42. Michelle

    7 November 2012 at 01:37

    Sebelumnya terima kasih untuk info dan penjelasannya di blog ini ya Kak..

    saya mau tanya, untuk penerimaan tahun 2013 akan diadakan di bulan Juli juga kah?
    Lalu boleh nda kalau saya minta e-mail nya untuk tanya2 lebih lanjut, atau kalau ada pertanyaan2 lain ke depannya?

    sekali lagi, terima kasih ya 😀

     
  43. Nia

    2 January 2013 at 14:38

    Kak Nendaaaaa

    Apakabarnya? Miss You

    Sincerely

    -Kak Nia-

    wkwkwkw

     
  44. Nia

    2 January 2013 at 14:46

    Membantu nenda yang mungkin skrng lagi sibuk kuliah (Beliau dapat beasiswa LLM ke salah satu Uni di Amerika), coba dibantu ya:

    @Michelle : Kemungkinan besar untuk penerimaan tahun 2013 akan diadakan pada juli-agustus 2013, rajin-rajin liat http://www.kemlu.go.id ya, atau follow twitternya juga bisa KemluRI kalo ngga salah 🙂

    @Laila : karena Local Staff bukan PNS, maka tesnya pun berbeda dengan test PNS

    @Hanaicha: Berbeda testnya, karena untuk PK dan PPKRT lebih khusus (masalah keuangan dan IT)

    @xioli : bagaimana? Luluskah?

    @Nenda.. Maaf ya ikutan balas-balas, kesian soalnya.. hehehe

    *Tania Temen Nenda*

     
  45. Nenda

    30 January 2013 at 00:27

    @Kak Nia
    Kak Niaaaaa, makasiiiih ya udah dijawabin. Miss yaaa

    @All
    Jawabannya seperti yang Kak Nia bilang 🙂

     
  46. lauro

    23 February 2013 at 00:12

    Kak Nenda, apakah punya tips untuk menghadapi tes terutama yang bagian tertulis…

    Karena, saya denger2 soal-soalnya random, dan kadang tidak terduga, apakah ada kayak contoh2 soal yang bisa saya pakai untuk belajar atau setidaknya ada gambaran?

    Thnx, success selalu… 😀

     
  47. Nenda

    5 March 2013 at 11:57

    Hi Lauro,
    Soal tes tertulis disesuaikan dengan isu panas dan aktual yang ada. Jadi kalau saya bisa kasih saran, sebaiknya rajin2lah membuka website Kemlu dan membaca koran seperti The Jakarta Post atau Kompas beberapa bulan sebelum tes.
    Demikian, semoga berguna.

     
  48. A. Fidthy

    24 March 2013 at 09:59

    Kak nenda,maaf mau nanya nih. saya baru kelas 2 SMA.tapi sudah punya cita-cita untuk kerja di deplu sbg diplomat.kalo boleh tau, motivasi kakak buat jd diplomat dulu apa ya kak? makasih bnyk kak

     
  49. neeya

    6 May 2013 at 12:30

    Mau tanya dong mba, kalo untuk diplomat dr jurusan psikologi bisa gak ya? Trs penempatan kerjanya apa sesuai dgn kemampuan bahasa? Kebetulan saya bisa bahasa inggris dan perancis. Oiya mba kalo setelah lulus dr semua seleksi apa qt dsekolahkan dulu? Krn saya baca mba lg melanjutkan studi d amerika. Terimakasih

     
  50. Muh. Enstein Widodo (@ntenzz)

    6 May 2013 at 20:27

    Saya lulusan S1 Akuntansi, tetapi ingin melamar untuk formasi PDK, kira2 bisa gak yah? Karena kalo ngeliat di persyaratannya, untuk Akuntansi itu lebih diarahkan ke PKKRT,

     
  51. nia

    15 May 2013 at 00:54

    kalau selain bahasa arab, spanyol ,russia jerman dan china… saya boleh gak ngambil bahasa india dan italia?

     
  52. Winto

    22 May 2013 at 01:05

    Mba Nenda yang baik,

    Terima kasih banyak atas informasinya, saya sangat terbantu dan memiliki bayangan, karena berniat untuk mengambil tes tahun 2013 ini.

    Saya ada pertanyaan teknis: ketika semua berkas yang dibutuhkan lengkap dan diminta untuk dimasukkan dalam “map kerta jepit berlubang”, itu yang seperti apa ya? apakah umum didapat di toko2 alat tulis? terima kasih mba

     
  53. ryan

    12 June 2013 at 02:23

    thanks mba nenda udah share informasi test CPNS kemlu 🙂

    mau share juga nih tahun kmaren saya ikut test CPNS kemlu dan test tertulisnya berbeda dari yg sebelumnya lebih rumit spertinya setelah saya tanya beberapa temen saya yg udh masuk kemlu, karena ada tes matimatika, numerik, aritmatik dll… jadi kalo tahun ini buka lagi jangan lupa belajar matimatika dan temen2ya hehee…

     
  54. Nenda

    22 June 2013 at 15:56

    @Fidthy
    Karena saya ingin mengimplementasikan ilmu saya 🙂

    @Neeya
    Sebaiknya nanti saat pengumuman kamu membaca syarat penerimaan. Karena biasanya jurusan psikologi tidak diterima sekarang tapi pernah dahulu diterima. Alternatif lain, kamu melanjutkan S2 di jurusan yang pada umumnya diterima (seperti HI).

    @Widodo
    Sekarang jurusan akuntansi lebih diarahkan ke PPKRT.

    @Nia
    Hanya bahasa tertentu yang diujikan dan diterima sebagai syarat formal penerimaan. Bahasa lain bisa kamu masukan ke CV.

    @Winto
    Coba lihat ini: http://s300.photobucket.com/user/phiaaja/media/14837_159983222869_628042869_256318.jpg.html

    @Ryan
    Terima kasih infonya. Iya, sepertinya mulai tahun kemarin berbeda karena ada tes umum CPNS (atau sejenisnya).

     
    • Winto

      23 July 2013 at 16:37

      Terima kasih banyak atas informasinya mba, semoga bisa terus berbagi cerita lewat blognya, sukses ya

       
  55. bandi

    22 June 2013 at 23:58

    Saya ikut tes kemenlu tahun kemaren dengan beberapa teman saya, dan teman saya lulus, tapi saya engak.. Sekarang dia pelatihan di daerah senayan… Pas kita ketemuan lagi, kita cerita kembali waktu pengalaman tes tahun lalu.. Malah katanya skor tes CPNS teman se asramanya dia, masih lebih tinggi saya.. Ternyata yang menentukan itu, setelah saya bandingkan dengan teman” yg lulus adalah, bagaimana cara kita menjawab dan point penting apa dalam dalam jawaban kita.. Semoga info saya bisa membantu.. Semoga sukses

     
    • bandi

      23 June 2013 at 00:07

      Untuk tambahan, walaupun nanti kita ambil bahasa pilihan masing”, untuk seleksi tahap ahir tetap diutamakan yang bisa berbahasa inggris. tahun lalu, ada dua kandidat di salahsatu bahasa pilihan, diantara keduanya hanya satu yang bisa berbahasa inggris, ahirnya kandidat yg lain yg tidak bisa berbahasa inggris pun gugur.

       
  56. bandi

    23 June 2013 at 00:31

    Buat kak nenda… Saya kagum n salut sama kak nenda… Masih mau bagi” informasi Dan mengelola forum ini sampai saat ini.. Jarang ada orang kayak kak nenda

     
  57. michella

    26 June 2013 at 15:54

    kak, saya chella. saya juga berminat masuk deplu 2013 ini. blog ini sangat membantu saya kak. terima kasih atas informasinya ya kak. doakan ya kak. saya bisa masuk juga seperti kakak. siapa tahu saat masuk deplu saya bisa bertemu langsung dengan kakak jadi saya bisa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. hehe……

     
  58. Ollivia

    15 July 2013 at 10:33

    Mbak Nenda, terima kasih sudah menuliskan banyak informasi mengenai cara bergabung dengan Kemlu RI. Saya sangat ingin anak-anak saya dapat mengabdikan diri di RI. Sekarang mereka masih di grade 11 dan 10 sebuah sekolah internasional. Semoga setelah lulus S-1, mereka dapat diterima di Kemlu. Sukses selalu ya Mbak Nenda. Salam, Ollivia

     
  59. Neetha

    22 July 2013 at 10:44

    mbak Nenda saya mau tanya, itu skcknya harus yang asli ya?

     
  60. satria

    26 July 2013 at 20:32

    bagaimana ya lihat hasil test ujian local staff kemlu 2013 jika emailnya tidak bisa di buka mohon inponya trims ya

     
  61. yelli

    29 July 2013 at 13:13

    boleh tanya nggak mba? kalo misalnya saya jurusan kimia, bisa nggak kerja di deplu..
    soalnya dr kecil udah bercita-cita pengen kerja di sana. kalo syarat-syarat yang lain sih alhamdulillah terpenuhi.. sperti menguasai bahasa asing. makasih mba…

     
  62. Anggie

    14 August 2013 at 18:53

    Mbak Nenda, dari angkatan mbak nenda sendiri yang dari UGM ada nggak ya mbak? Saya benar-benar buta informasi global dan saya baru akan memulia kuliah september ini, apakah ada kemungkinan untuk saya jika sejak saat ini saya mulai membaca informasi global dan isu-isu global?

     
  63. Nenda

    25 August 2013 at 16:23

    @Winto
    Sama2.

    @Bandi
    Thanks infonya ya. 🙂

    @Michella @Ollivia
    Amiiiin

    @Neetha
    Yep, yang asli. Tapi nanti kalo ada pembukaan, dibaca lagi saja persyaratannya. Siapa tahu berubah.

    @Satria
    Coba hubungi panitia.

    @Yelli
    Setahu saya Kemlu belum menerima jurusan kimia. Cara lain adalah kamu ambil S2 di Ilmu yang biasa diterima oleh Kemlu. Teman saya ada yang memakai jalur ini.

    @Anggie
    UGM tiap tahun terwakili kok. Boleh banget kalau semenjak dini sudah mulai membaca2.

     
  64. minarty

    29 August 2013 at 14:25

    Tulisan yg sgt bermanfaat. Boleh tanya kak, pada persyaratan administrasi harus dilampirkan kartu kuning tnda pencari kerja. Apakah untuk yg telah bekerja di swasta hrs menyertakan persyaratan trsbt

     
  65. ichsan

    31 August 2013 at 18:54

    mau nanya kalo bahsa jerman termasuk yang di ujikan ga di tes kemlu ??

     
  66. wie

    1 September 2013 at 22:07

    Kak Nenda saya mau tanya..
    S1 saya akuntansi tapi S2 saya prodi kajian timur tengah dengan jurusan Ekonomi syariah dan masih kuliah..
    Kalau nanti mau daftar kemlu apakah bisa melamar ke PDK dengan prodi S2-nya, kajian timur tengah, tetapi belum ada ijazah baru transkrip saja..
    atau ke PPKRT dengan memakai ijazah S1?

    Terima Kasih

     
  67. endah

    3 September 2013 at 05:50

    Kak Nenda, mau tanya.
    Ijazah S1 saya kan jurusan sastra jepang, pas saya lihat di persyaratan jur tersebut emang ada, tapi pas ngisi form pendaftaran, jur sasjep yu g ada… kira2 itu gmn y kak?
    makasi banyak sebelumnya…. 🙂

     
  68. Nenda

    3 September 2013 at 15:26

    @Minarty
    Yep, meskipun telah bekerja sebaiknya juga dilampirkan

    @Ichsan
    Silakan buka website CPNS Kemlu ya untuk pastinya.

    @Wie
    Itu tergantung kamu karena jalur karirnya beda. Dan yang masuk PPKRT tdk bisa pindah ke PDK dan begitu juga sebaliknya.

    @endah
    Coba ditanyakan ke admin E-CPNS ya.

     
  69. Ratih

    3 September 2013 at 16:23

    Kak Nenda mau nanya,

    Dulu harus submit Surat Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat jg ga?
    Kalau iya, suratnya kaya gimana atau apa aja yg hrs ditulis?

    Thanks ya kak uda bagi2 pengalaman dan informasinya.

     
  70. me

    4 September 2013 at 04:15

    🙂

     
  71. me

    4 September 2013 at 04:18

    di website kemenlu ada tulisan ” Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara tidak diterima ” ,… gmn nih kaka, tetep kirim gak ya?

     
  72. illa

    4 September 2013 at 12:58

    kak nenda mau nanya ni,,,
    tentang pernyataan persetujuan nya itu di kopi dari web trus d pindahin k word gt ya kak ?

     
  73. Nenda

    6 September 2013 at 09:33

    @Ratih @illa
    Saat submit formulir, nanti akan keluar Surat Pernyataan Menyetujui yang bisa diprint, diberi materai dan ttd.

    @me
    Karena syaratnya menyatakan demikian, berarti memang tdk bisa menerima selain Ijazah. Silakan mencoba tahun depan ya 🙂

     
    • illa

      17 October 2013 at 11:37

      makasih atas balasan na mbak…
      lg nunggu pengumuman tkd ni …
      hehehe 😀

       
  74. endah

    9 September 2013 at 05:22

    Kak, nanya lagi ya… (^.^)>
    pemberitahuan kalau berkas lamarannya sudah diterima oleh panitia biasanya berapa lama dari waktu pengirimannya ya kak?
    makasi banyak…. ^^

     
  75. lastrids rivar

    9 September 2013 at 10:38

    mau tanya, untuk melamar sebagai local staff kemlu.. apakah dokumen-dokumen yang di prasaratkan sama dengan lamaran cpns umum? dan tahap-tahap testnya sama juga dengan tahapan test cpns.. terima kasih banyak.

     
  76. michelle23apriana

    10 September 2013 at 19:19

    Kak nenda, mau tanya nih.. kmrn saya udh kirim brkas lamaran ssuai yg disebut di surat prnyataan.. dsitu trtulis jg skck sama surat kterangan sehat dan tdk buta warna dilampirkan saat ujian wawancara dan tes psikologi. Brarti pas kirim berkas awal ga perlu kirim skck dan surat dokternya dulu kan ya kak? Soalnya trtulis tidak perlu melampirkan berkas slain yg tertera di poin e. (Skck dan surat dokter ada di poin f).. gimana ya ka?? Thanks sblmnya kak..

     
  77. vivi

    12 September 2013 at 16:37

    hi kaka..apakah semua peserta cewek wajib berbusana rok selama test atau pas lulus ikut pelatihan nanti? kalau make clana asal bebas rapi gimana?

     
  78. veronika

    15 September 2013 at 18:14

    Hai kak Nanda, mau nanya seperti apa contoh surat pernyataan menyetujui ketentuan dan syarat? bisa minta contoh untuk dikirm ke email koreasparkling4890@gmail.com? terima kasih banyak.

     
  79. Agit

    17 September 2013 at 18:51

    makasih ka infonya sangat bagus.
    saya mau nanya ka, kan saya liat dari website kemenlu persyaratan khusus PDK itu kan ada yang dari lulusan manajemen. nah yang lulusan manajemen apa itu? apakah manajemen bisnis, perkantoran atau pemasaran atau gimana?

     
  80. gilang

    21 September 2013 at 15:34

    terimakasih banyak ya infonya..membantu memberikan gambaran buat saya 🙂 alhamdulillah

     
  81. Andre

    29 September 2013 at 06:16

    Hi,,kak Nenda. mau nanya nih. saya calon diplomat 2013 (Amin hehe) Saya sudah lulus administrasi, dan term ujiannya cukup berbeda ya. Misalnya ada ujian kompetensi dasar , kemudian ujian kompetensi bidang, ujian bahasa dan ujian wawancara (final). punya gak deskripsi mengenai ujian tersebut? soalnya bingung belajarnya? Apakah kompetensi dasar itu serupa dengan TPA atau seejenisnya ya? soalnya kalau gak salah jamannya kak Nenda tese TPA sejenis udah gak ada ya? pusssssinngg mba tolong berikan obatnya mba. makasih :).

     
  82. agus

    15 October 2013 at 14:53

    wawancara nya menggunakan bahas inggris atau indo ? trima kasih ditunggu jawabnnya non

     
  83. Lenni

    22 October 2013 at 17:15

    sqalam kenal kk nenda..saya mau tanya mengenai tes TKb apa ada waktu kakak tes seperti apa ya soalnya? thank’s Lenni

     
  84. eris

    4 November 2013 at 17:18

    wah tulisannya sangat menginspirasi sekali..semakin smangat bwt daftar kemenlu.

    Saya mau tanya,,sy pgn sekai daftar tes PDK, tp setau saya yg diminta adlh lulusan S1 ekonomi dll. sdngkan sy lulusan dr D3 teknik, jika saya ingin mlnjutkan ekstensi ke SI eknomi, bgmn kira2 peluangnya?

     
  85. Restu Fajar Anggriawan

    13 November 2013 at 04:51

    assalamu’alaikum mbak..

    wahh senang rasanya menemukan tulisan mbak,saya rasa akan sangat memabantu untuk banyak orang,termasuk saya yg kebetulan saat ini sdg menjalani proses tes PDK di kemlu mbak..
    Alhamdulillah saat ini saya telah lulus tes bhs asing dan hendak melanjutkan ke tes selanjutnya (psikotes,wawancara psikologi,wawancara substansi).
    Jika diperkenankan,saya ingin menanyakan beberapa hal mbak,,
    1. Ditahap wawancara psikologi,apakah menggunakan bhs. inggris?(b.ing adlh bhs asing pilihan saya)
    2. Ketika wawancara substansi,apakah semua jawaban harus menggunakan b.ing,atau bolehkan seandainya kita mencampurnya dgn b.ind ketika kita merasa ingin melakukan penekanan thd analisa kita?krn jujur b.ing saya tidak selancar itu utk menjawab pertanyaan analisa,apalgi nantinya dipengaruhi faktor grogi,,saya ingin sekali mendengar dari pengalaman mbak dan menurut sepengetahuan mbak,mana kira2 cara yg terbaik.

    Menjadi diplomat adlh passion terbesar saya,dan sesungguhnya sampai pada tahap skrg saja sperti mukzizat bwt saya mbak..awalnya saya hanya nothing to loose, namun saat ini jujur saya merasa khawatir dan grogi,semoga saya bisa belajar banyak dr mbak,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih,mbak.

     
  86. julitrysna

    8 January 2014 at 14:02

    Aslm mbk Nenda, salam kenal saya Juli, Test kemlu pasti di adakan di Jakarta ya? karena domisili saya di Samarinda. Dan ada batasan usia tidak untuk lulusan S1?

     
  87. sugaricus

    7 April 2014 at 11:23

    Assakamu’alaikum
    Kak Nenda, mo nanya dong.. kalo dari jurusan teknik informatika tapi mendaftar untuk posisi pejabat diplomatik/konsuler bisa gak?

     
  88. yayasandarulhasani

    10 July 2014 at 02:44

    Mb nenda salam kenal. Trima kasih banyak infonya, Ohya maaf sy mau tanya untuk persyaratan s2 fakultas hukum, apakah bs jika jurusannya hukum ekonomi?? Karena beberapa pengumuman kemlu. Tdk mencantumkan jurusan tsb..
    Trima kasih atas infonya

     
  89. Chris anggi

    29 September 2014 at 14:38

    Kak nenda, boleh minta email?

     
  90. ega maulana

    22 December 2014 at 08:00

    kalo mau jdi ahli bahasa tpi bukan d3 tapi s1, gmna?

     
  91. deni

    8 January 2015 at 01:39

    kak nenda boleh bagi emailnya gak? biar lebih intens dan asik nanya nya hehehe, infonya keren banget kak

     
  92. Dewi

    12 February 2015 at 22:30

    Salam kenal kak…
    Klo sarjana Pendidikan Bahasa Inggris bisa gak jadi diplomat?
    Makasi sebelumnya…

     
  93. henny rumapea

    20 February 2015 at 14:59

    Thanks for sharing Kak Nenda.
    God bless you aLways 😉

     
  94. Sarah Shahnaz

    30 March 2015 at 11:15

    Thanks for sharing ya Kak Nenda. Godbless…

     
  95. Ayu Rosari Lumbanraja

    5 May 2015 at 20:45

    Lord…You know that i really want to work in this agency, help me to reach it.
    anyway thanks for info kak Nenda. success for u too.

     
  96. Randa

    5 October 2016 at 11:24

    Thanks unutk sharingnya kak Nenda. Apakah di 2016 ini atau mungkin di 2017 akan ada penerimaan PNS kemlu kembali ?
    Terimakasih

     
  97. Richard

    5 May 2017 at 14:37

    Mba Nenda, saya Richard. Mba mau tanya apakah tes kemenlu untuk setiap ada lowongan cpns berbeda beda atau sama dari syarat dan tahapan tesnya?

     
  98. gektyapasis

    17 June 2017 at 13:29

    halo kak mau tanya, apakah jurusan kuliah itu harus hubungan internasional? atau mahasiswa dari jurusan lain masih mempunyai kesempatan untuk masuk? terimakasih

     
  99. richard

    19 June 2017 at 09:40

    1. Apakah pembukaan lowongan Tes CPNS Kemlu dibuka setiap tahun? apabila dibuka setiap tahun dapat diakses situs kemlu atau di https://www.menpan.go.id ?

    2. Apakag Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) ada pengurangan penilaian ? apabila ada apakah pertanyaan tidak perlu dijawab atau harus diisi semua ? mohon triknya untuk menjawab soalnya selain belajar dari buku – buku tes cpns kemlu dan informasi dari website kemlu

    Mohon mba Nenda bantuan informasinya ?

     
  100. Handoko

    16 September 2017 at 07:44

    Hi, mau tanya untuk map biru tempat berkas dokumen nya itu seperti apa ya?

     
  101. Ayu

    7 October 2017 at 18:45

    Kak aku mau nanya , aku kan ngambil jurusan HI , nah biasanya prospek kerja dari jurusan aku itu jadi diplomat. Pekerjaan apa aja sih kak yg ada di kemenlu selain jd diplomat sesuai dgn jurusan saya?

    Dan menjadi konsuler kementrian luar negeri itu seperti apa ya kak

    Mohon di bales kak soalnya saya butuh wawasan , dan saya masih bingung hehe

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: