RSS

Fort Panyyua

01 Aug

Naskah dan Foto : Ismail Fahmi

MEMASUKI FORT ROTTERDAM seperti memutar rekaman geliat peradaban luhur warga Makassar Sulawesi Selatan di masa lampau. Fort Rotterdam didirikan oleh Raja Gowa ke-10 pada tahun 1545 dengan arsitektur portugis yang kental. Jika dilihat secara utuh, Fort Rotterdam memiliki bentuk menyerupai penyu. Pantas jika warga Makassar menyebutnya Benteng Panyyua.

Perjanjian Bongaya yang terjadi setelah Kerajaan Gowa-Tallo kalah dari Belanda mengakibatkan benteng ini berpindah tangan ke tangan kolonial. Setelah dibangun kembali oleh Belanda, benteng ini diberi nama Fort Rotterdam. Nama tersebut dipilih Cornelis Speelman untuk mengenang kota kelahiranya di Belanda.

Di tangan Belanda, Fort Rotterdam dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan perniagaan. Benteng ini pernah juga menjadi tempat penyimpanan rempah-rempah. Sementara itu di tangan Jepang, benteng ini beralih fungsi menjadi pusat pendidikan dan pelatihan pertanian.

Walaupun begitu, sejarah tidak akan pernah lupa bahwa Fort Rotterdam adalah warisan nenek moyang warga asli Makassar. Nilai sejarah yang dikandungnya membuat Benteng Rotterdam menjadi salah satu warisan nenek moyang warga Makassar yang pantas mendunia.

Benteng Rotterdam merupakan wajah dari seni, arsitektur, dan teknik bangunan kuno yang menunjukkan keluhuran budaya Makassar. Fort Rotterdam mengawinkan peradaban Kerajaan Gowa-Tallo, Portugis, Belanda, dan Jepang. Benteng Rotterdam adalah harta karun peradaban Makassar.

 
2 Comments

Posted by on 1 August 2010 in Album

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Fort Panyyua

  1. tika

    6 August 2010 at 11:19

    wow…
    are they all pictures of Fort Rotterdam???
    bagus-bagus bangettttt!!!
    waah.. amat sangat menyesal jadinya ngga sempet mampir kesana.. hmm.. another proof that sleeping gets you nothing but dreams.. :p

     
  2. Inda

    4 November 2011 at 10:41

    Sudah ke Makassar tapi belum sempat kesini…nyesel juga.Mudah-mudahan ada kesempatan suatu waktu nanti. Harusnya nama Fort Rotterdam dikembalikan sebagaimana namanyawaktu masih dikuasai kerajaan Gowa dulu..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: