RSS

Cara Gampang Nulis Taskap

11 Aug

MENULIS KERTAS KERJA PERORANGAN (TASKAP) itu gampang-gampang susah. Gampang kalau dikerjakan. Susah kalau hanya dipikirkan tapi tidak juga dibuat. Bagaimana caranya? Berikut hasil diskusi peserta Sekdilu 35 dengan peserta Sekdilu 34, Banga Malewa, Azriansyah dan Lutfi Anggara. Semoga membantu.

Taskap bisa jadi merupakan momok menakutkan bagi sebagian peserta Sekdilu 35. Pantas karena Taskap memiliki persentase 25 % dari total nilai Sekdilu. Apalagi, peserta tidak memiliki waktu  khusus dalam proses penyusunannya.

Mulai menulis sekalipun sedikit merupakan langkah besar. Mulailah dari pemantapan perumusan masalah. Tetap mulai proses penyusunan sekalipun belum menemukan inti persoalan. Setidaknya seiring proses penyusunan berjalan, permasalahan akan semakin terbuka. Jangan ragu untuk mengubah ‘angle’ Taskap jika dalam proses penyusunannya ditemukan ‘hal-hal’ baru yang sebelumnya tidak diperhitungkan sehingga mengubah arah penulisan Taskap.

Sebenarnya proses penyusunan Taskap tidak jauh berbeda dengan skripsi ataupun karya ilmiah lainnya. Semua jenis karya ilmiah tentunya memiliki permasalahan yang dibahas. Karena itu, perumusan masalah yang baik merupakan kunci dari kemudahan penyusunan. Dengan begitu pencarian objek penelitian akan mudah sehingga meringankan identifikasi saran dan solusi yang bisa diajukan.

Penulisan Taskap menjadi sangat relatif tingkat kemudahannya antara satu orang dengan orang lainnya. Kebiasaan menulis akan sangat berguna karena biasanya akan memperlancar perumusan dan penulisan Taskap.

Disarankan agar penulis membuat matrik perkembangan proses penyusunan Taskap. Dengan begitu penulis akan dimudahkan dalam memetakan target yang sudah ditentukan.

Faktor yang seringkali kurang diperhatikan biasanya adalah bagaimana penulis mempresentasikan Taskap dengan baik di hadapan penguji. Padahal, keberhasilan penyampaian Taskap kepada penguji adalah inti dari besaran nilai yang diperoleh. Selain itu, pastikan juga Taskap merupakan ide orisinil penulis.

Berikut ini beberapa pesan dari Duta Besar Wisber Loeis:

  1. Sampaikan isi Taskap secara ringkas, padat dan jelas. (dengan kata lain hindari ngelanturi)
  2. Sampaikan isi Taskap dengan penuh percaya diri.
  3. Power point dan medium peresentasi sejenis bisa digunakan. Namun biasanya tidak maksimal karena keterbatasan waktu yang dialokasikan untuk masing-masing peserta. Tapi tidak salahnya medium presentasi tersebut disiapkan sekalipun nantinya tidak digunakan.
  4. Jangan terintimidasi dengan pertanyaan penguji sehingga mengacaukan konsentrasi dan menggoyahkan rasa percaya diri.
  5. Jangan melontarkan konsep atau sebuah persoalan yang belum dikuasai benar. Karena bisa jadi penguji akan masuk dan ’menguji’ kita melalui konsep yang kita sampaikan.

Manfaatkan setiap kesempatan untuk menambah, membaca, dan mempelajari bahan. Perbanyak juga diskusi dengan berbagai narasumber dan teman. Dengar masukan dan kritik yang diterima sekalipun itu tidak nyaman didengar. Jangan ragu untuk membentuk kelompok kecil sebagai sarana latihan presentasi Taskap di hadapan penguji. Jangan paksakan argumentasi dan tetap pertahankan sopan santun ketika presentasi.

Selamat ber-TASKAP! 🙂

 
2 Comments

Posted by on 11 August 2010 in Sekdilutivities

 

2 responses to “Cara Gampang Nulis Taskap

  1. sali

    10 February 2011 at 11:43

    Thanks ….

     
  2. bambang

    10 February 2012 at 22:54

    hebat banget bos

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: