RSS

Refleksi Akhir Tahun

27 Dec

Oleh: Astari M. Daenuwy

Mom, Dad, I am now a diplomat.” Sudah lebih dari setahun yang lalu kata-kata itu terucap di hadapan 148 lulusan Sekdilu angkatan 35, keluarga, dan para pejabat Kementerian Luar Negeri.

Setelah saya membaca kembali pidato tersebut, saya berpikir kembali apakah dalam waktu satu tahun dua bulan terakhir ini saya telah melakukan semua hal yang telah saya katakan? Apakah saya telah melakukan segala macam tugas saya dengan baik? Dengan sungguh-sungguh? Apakah saya telah bekerja, berpikir, dan berkata secara positif? Apakah saya telah membawa perubahan yang baik di dalam lingkungan kerja saya? Apakah saya telah menjadi diplomat yang ulung?

Mungkin kita belum bisa menjawab semua pertanyaan tersebut. It’s okay. Memang kita ini lebih jago menilai orang lain daripada kita sendiri. Menurut saya ini karena kita takut untuk melihat kelemahan kita sendiri dan mengakui bahwa kita telah berbuat salah. Such is human nature.

Tetapi once you do admit your weaknesses and faults, maka kita dapat mengambil kesempatan untuk menjadi manusia yang lebih baik dan berupaya untuk tidak mengulang kesalahan-kesalahan tersebut. Being a good person for our family, our friends, and our work colleagues is a constant struggle and an ongoing process. Saya secara pribadi betul-betul sadar akan hal ini.

Oleh karena itu, menjelang akhir tahun 2011 ini, marilah kita mengambil waktu untuk melakukan review atas segala kejadian yang telah kita alami selama satu tahun ini. Saya yakin bahwa semua kejadian, baik dan buruk, telah membawa perubahan di dalam diri kita dan di dalam hubungan kita dengan keluarga, sahabat, teman-teman kantor, dan para atasan. Apakah saya telah menjadi orang yang lebih baik atau lebih buruk, hanya kita dan Tuhan saja yang tahu dan dapat menilai.

Setelah kita kaji ulang, maka tulislah apa yang akan menjadi resolusi tahun baru kita semua. What are my new year’s resolutions? Tentunya tidak harus merupakan sesuatu yang hebat, yang realistis saja namun kita benar-benar mengusahakan untuk mencapainya.

My new year’s resolution is to be a better writer. Jadi saya telah memulai suatu blog www.diplomaticmuse.wordpress.com dengan harapan akan menjadi penulis yang lebih baik. Tentunya saya akan mencoba untuk menulis bukan hanya dalam bahasa Inggris tetapi juga dalam bahasa Indonesia. Dan untuk hal ini, terutama yang kedua, saya menyerahkan kepada penilaian teman-teman semua. Please be gentle. J

Selamat Tahun Baru semuanya! Happy New Year everyone!

Jakarta, 27 Desember 2011

 
Leave a comment

Posted by on 27 December 2011 in Diplomatologi

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: