RSS

Arti Keberadaan Mesin Fotokopi

17 Jan

Oleh: Raksa Ibrahim

PDK adalah kependekan dari Pejabat Diplomatik Konsuler. PDK juga seringkali diplesetkan menjadi Poto dan Kopi. Entah siapa yang pertama kali menemukan dan menggunakan plesetan tersebut. Namun, fotokopi telah menjadi tugas tambahan yang seringkali melekat pada diplomat muda. Pekerjaan menggandakan dokumen mungkin terlihat remeh. Akan tetapi bila ditelaah lebih lanjut, memotokopi suatu dokumen adalah bentuk dukungan yang luar biasa bagi kesuksesan suatu misi diplomatik. Tulisan singkat ini akan membahas mengenai arti penting kehadiran mesin fotokopi bagi diplomasi.

Adalah Chester Carlson, seorang ulet dan ‘jenius,’ yang menemukan mesin fotokopi. Carlson jugalah orang yang terus berupaya mengembangkan mesin pengganda dokumen hingga menjadi canggih seperti saat ini. Fotokopi yang berasal dari suatu proses yang disebut electrophotography dan lazim disebut dengan xeroxgraphy merupakan suatu proses untuk menciptakan alat yang praktis dan sederhana. Upaya keras dari Carlson telah memberikan kemudahan bagi para pekerja di seluruh dunia untuk melakukan tugasnya.

Kemudahan yang telah dihadirkan oleh Carlson dan ilmuwan-ilmuwan lain setelahnya memberikan arti mendalam dalam pelaksanaan diplomasi. Sulit dibayangkan, betapa akan menyusahkannya pekerjaan yang akan kita lakukan bila kita dipaksa untuk menggandakan suatu dokumen tanpa mesin fotokopi. Berapa malam yang diperlukan untuk menggandakan suatu dokumen persidangan tanpa kehadiran mesin fotokopi.

Tugas menggandakan dokumen dengan mesin fotokopi memiliki arti mendalam dan menjadi bagian sejarah dari penugasan seorang diplomat abad 21, seperti halnya mesin ketik bagi diplomat-diplomat jebolan masa Perang Dingin. Secara positif tugas menggandakan dokumen dapat dimaknai sebagai suatu penghormatan terhadap  tugas dan apresiasi terhadap temuan paling berguna dalam mendukung tugas-tugas kantor.

Bila melihat ke belakang, betapa dalamnya pemikiran para atasan kita yang telah memberikan kepercayaan untuk menggandakan dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan misi diplomatik. Di balik penugasan tersebut, tersirat ajakan untuk mengenal mesin-mesin yang akan mendukung tugas kita. Dengan mengenal karakteristik dari mesin fotokopi di tempat kita bekerja akan melatih kita untuk meraba  karakteristik tuntutan pekerjaan yang kita lakoni yaitu selalu ingin cepat, memuaskan dan sensitif bila tidak diberi insentif.

Kelak, kenalilah karakter mesin fotokopi di tempat kerja kita masing-masing dan perlakukan mesin tersebut dengan baik, niscaya kita tidak akan pernah kesepian dalam bertugas. Sebab, di kala sepi merundung mengerjakan tugas, suara mesin fotokopilah yang setia menyanyikan semangat bagi kita. Di saat kita bingung melatih pegawai baru, ajari dan berilah kepercayaan kepada mereka untuk mengoperasikan mesin fotokopi sebagai bentuk pelatihan mental dan pengenalan lingkungan.

 
Leave a comment

Posted by on 17 January 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: