RSS

Menyingkap Peluang Kerja Sama Indonesia dan Panama

09 Feb

Pada tanggal 21 Desember 2011, Presiden Republik Indonesia melantik Duta Besar Luar Berkuasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Republik Panama. Untuk pertama kalinya Indonesia memiliki seorang Duta Besar yang akan ditugaskan di Panama City setelah dibukanya KBRI Panama City pada tahun 2010. Pelantikan Duta Besar LBPP untuk Panama tentunya akan mendekatkan hubungan kedua negara dan membantu upaya pencapaian kepentingan pemerintah Indonesia di Panama terutama dalam bidang perekonomian dan Keamanan.

Potensi Perekonomian Panama

Panama merupakan salah satu negara primadona di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan dalam potensi perekonomian. Pertumbuhan ekonomi yang mencapai 8% pada tahun 2010 merupakan yang paling pesat di kawasan Amerika Latin. IMF memprediksikan bahwa dalam lima tahun kedepan pertumbuhan ekonomi di Panama akan tumbuh lebih dari 6% tiap tahunnya. Terusan Panama yang terkoneksi dengan Zona Bebas Pajak Colon di gerbang Atlantik merupakan gerbang utama pasar alternatif yang sangat potensial. Sampai juli 2011, tercatat lebih dari US $ 15.8 Milyar total transaksi si Zona Bebas Colon (meningkat dari sebelumnya US $ 11.1 Milyar di tahun 2010).  Dua pelabuhan di Colon dan Balboa merupakan pelabuhan paling sibuk di kawasan Amerika Latin.

 Potensi Perekonomian Panama merupakan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan awareness akan komoditas Indonesia serta memperluas pangsa pasar bagi komoditas Indonesia di Panama. Total perdagangan tahun sebesar US $ 134 juta (tahun 2011) adalah cerminan potensi perdagangan kedua negara yang masih bisa ditingkatkan lagi. Peluang bagi Indonesia terletak dari impor minyak mentah, barang-barang konsumsi, elektronik, dan garmen yang merupakan produk impor utama Panama dari Indonesia. Intensifikasi masuknya komoditas Indonesia di Zona Bebas Colon akan berimplikasi kepada peningkatan pangsa pasar domestik Panama. Murahnya tariff impor di Zona Bebas Colon memunculkan peluang re-ekspor oleh para pelaku lokal untuk memperkenalkan komoditas-komoditas Indonesia menembus Pasar di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Bidang Keamanan

Dalam bidang keamanan, peluang kerjasama dengan Satuan Penjaga Perbatasan Nasional (SENAFRONT) terbuka luas. Meskipun tidak memiliki pasukan militer, SENAFRONT memiliki pengalaman yang luas dalam menjaga perbatasan Panama dalam hal pencegahan penyelundupan narkotika. Kerjasama ini bisa membantu pemerintah Indonesia dalam penanggulangan penyelundupan narkotika. Saat ini Indonesia bukan lagi negara transit, tetapi sudah menjadi salah satu pasar utama penyelundupan narkotika di Kawasan Asia Tenggara. Untuk dimasa depan, terbuka peluang kerjasama pada bidang-bidang kerjasama antar lembaga/aparat penegak hukum, bantuan hukum timbal balik di bidang pidana dan perdata, pemberantasan kejahatan terorganisir antara negara, serta pemberantasan lalu-lintas gelap narkotika, pencucian uang dan terorisme.

Simpulan

Dilantiknya Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Panama diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik yang telah terjalin selama ini antara kedua negara. Keluwesan pendekatan yang dilakukan diharapkan bisa mencairkan kekakuan birokrasi yang selama ini merupakan salah satu tantangan Indonesia dengan Panama. Kehadiran seorang Dubes LBPP akan meningkatkan awareness masyarakat Panama mengenai Indonesia. Aktifnya pendekatan yang nanti dilakukan akan sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Panama akan negara Indonesia serta juga membuat jarak kedua negara terasa lebih dekat.

 
Leave a comment

Posted by on 9 February 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: